Strategi Amazon: Bangun Ikatan Emosional Pelanggannya Lewat CRM

Strategi CRM Amazon bisa kita pelajari supaya bisnis makin bertumbuh eksponensial. Call di 0881-5028-407, untuk detail platform CRM Software

5 Cara Terampuh Strategis CRM Amazon

Strategi CRM Amazon bisa kita pelajari supaya bisnis makin bertumbuh eksponensial. Call di 0881-5028-407, untuk detail platform CRM Software

Amazon telah berrhasil membangun sistem perangkat lunak CRM sendiri secara internal, yang berarti perangkat lunak tersebut disesuaikan dengan persyaratan dan kebutuhan khusus dari pelanggan mereka.

Perangkat lunak mereka memungkinkan Amazon untuk merangkum data pelanggan, seperti pembelian dan lokasi sebelumnya, dan menggunakannya di tempat untuk memodifikasi dan mempersonalisasi pengalaman pengguna situs secara keseluruhan.

Amazon memiliki reputasi untuk menyediakan semua hal yang mereka butuhkan kepada pelanggan, semuanya di satu tempat yang nyaman. Apa yang kemudian disebut “efek Amazon”, perusahaan telah berhasil mengelola hubungan dengan jutaan pelanggan di seluruh dunia tanpa pernah bertemu langsung dengan mereka. Seluruh proses belanja Amazon sangat lancar dan mudah. Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, detail pribadi dan kartu yang tersimpan, pemesanan satu klik, yang semuanya memungkinkan untuk melakukan pembelian dengan cepat dan lancar.

Pelanggan juga mendapat manfaat dari rekomendasi produk berdasarkan pembelian sebelumnya, sebuah konsep yang telah bekerja dengan baik di situs web dan perangkat Kindle-nya. Penggunaan data pelanggan yang cerdas ini memastikan bahwa pelanggan terus merasa dihargai sambil memungkinkan Amazon untuk terus merancang cara baru dan inovatif untuk mempertahankan dan menarik pelanggan.

Sejarah Awal Amazon

Ngobrolin sejarah Amazon, enggak asyik kalau kita belum menceritakan sedikrit tentang pendirinya yaitu Jeff Bezos. Si Bezos atau lengkap namanya adalah Jefrey Preston Bezos, seorang anak yang memiliki cita-cita tinggi yaitu menciptakan teknologi yang mengantarkan manusia ke luar angkasa. Dan Bezos selalu suka hal-hal baru, diantaranya mengutak-atik alarm listrik untuk kamar tidurnya bila adiknya menyusup kamarnya.

Bukan menjadi kejutan besar bagi kita semua, bahwa Amazon awalnya dibuat hanya untuk buku ritel online. Dan sebenarnya Jeff juga tahu sejak awal bahwa Amazon harus menjadi toko “palugada”. PALUGADA = aPA yang LU minta, Gua ADA.

Mengasyikkan, bukan? Hahaha…

Setelah berjalan 3 tahun, Amazon belum bisa mendapatkan banyak keuntungan, tetapi masih dipublis ke market publik. Berbagai anggapan para analis pasar dan pakar, mengatakan bahwa seharusnya Bezos menghindari langkah ini dan percaya bahwa Amazon tidak akan pernah menjadi besar. Analis ini percaya bahwa Amazon enggak akan bisa menandingi raja pengecer buku seperti Barnes and Nobles. Mereka yakin kalau Amazon bakalan gagal dan menutup operasinya suatu hari nanti dalam waktu dekat.

Awalnya, Bezos mendanai Amazon dengan $10.000 dari kantongnya sendiri. Tapi ya itu belum benar-benar menuai profit.
Pergulatan Bezos tidaklah mudah untuk membesarkan Amazon, ibarat layaknya merawat anaknya sendiri. Bezos rela untuk tidak digaji demi bisnisnya ini. Bahkan kesana-kemari mencari pinjaman untuk keberlangsungan Amazon dengan jumlah cukup banyak pada tahun 1994. Dia benar-benar CEO sejak awal. CEO disini maksutnya Chief Everything Officer pokoknya, bahkan juga secara pribadi pergi ke kantor pos untuk mengantarkan buku kepada orang-orang yang memesan.

Transformasi Digital IKEA

Berani Ambil Keputusan Strategis

Bezos tidak percaya apa yang dikatakan semua orang tentang Amazon. Dia tahu apa itu dan melihatnya sebagai sesuatu yang lain. Amazon meluncurkan penjualan musiknya pada Juni 1998. Sisanya adalah sejarah. Kemudian, ia membuka pasar pihak ketiga dan akhirnya menjadi pengecer “segalanya”.

Namun, kata “ritel” telah menjadi mematikan bagi banyak investor dan pemegang saham. Bezos memiliki visi baru untuk Amazon sekarang dan menginginkannya menjadi perusahaan teknologi. Hal ini menyebabkan peluncuran Amazon Web Services pada tahun 2003.

Pengambilalihan Asset Strategis

Setelah itu, Bezos melakukan akuisisi. Jika ada pesaing bisnisnya, dia hanya membelinya. Saat ini, banyak orang akan mengatakan bahwa mereka tidak menyukai perilaku Amazon dalam hal ini, tetapi bagi Bezos, ini bukanlah hal baru. Akuisisi pertama raksasa teknologi itu adalah Bookpages pada tahun 1998.

Ini adalah salah satu prinsip yang paling umum diikuti oleh pengusaha di perusahaan besar atau perusahaan payung di abad ke-20. Tak perlu dikatakan, praktik ini telah terbawa hingga abad kedua puluh satu. Beberapa analis pasar berpendapat bahwa akuisisi ini dapat menyebabkan monopoli, terutama di pasar e-commerce. Secara statistik, Amazon sudah ada, meskipun ada beberapa perusahaan lain yang mencoba bersaing dengannya.

Kesuksesan CRM Amazon

Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) adalah dasar di balik semua fitur yang berguna ini. Amazon telah membangun perangkat lunak CRM sendiri secara internal, artinya perangkat lunak ini disesuaikan dengan persyaratan dan kebutuhannya sendiri. Perangkat lunak mereka memungkinkan Amazon untuk merangkum data pelanggan, seperti pembelian dan lokasi sebelumnya, dan menggunakannya untuk secara instan memodifikasi dan menyesuaikan pengalaman pengguna di tempat secara keseluruhan.

CRM Amazon juga menangani sebagian besar pertanyaan pelanggan mereka sebelum mencapai tahap di mana keterlibatan manusia diperlukan. Misalnya, setiap pelanggan dapat dengan mudah mengakses riwayat pesanan mereka, yang memungkinkan mereka untuk melihat produk mana yang telah mereka pesan, status saat ini dalam proses pengiriman, dan berapa banyak yang telah mereka habiskan untuk itu. Kebijakan pengembalian mereka juga otomatis, secara signifikan mengurangi kebutuhan mereka akan staf layanan pelanggan dan biaya yang terkait dengan mereka.

5 Cara Terampuh Strategis CRM Amazon

Strategi CRM Amazon bisa kita pelajari supaya bisnis makin bertumbuh eksponensial. Call di 0881-5028-407, untuk detail platform CRM Software

5 Cara Terampuh Strategy CRM Amazon

1. Mengkoleksi Data

Amazon mendorong semua penggunanya untuk membuat akun pribadi untuk memudahkan mereka melakukan pembelian di masa mendatang dan melacak pesanan mereka. Akun pelanggan ini juga memberi Amazon mekanisme pemasaran yang ditargetkan karena pelanggan dapat dikomunikasikan melalui email dengan penawaran dan promosi berdasarkan pembelian mereka sebelumnya.

2. Mengelola Data Personal Banget

Salah satu cara membuat akun Amazon menguntungkan pelanggan adalah kemudahan pembelian. Dengan akun pribadi, semua detail pribadi, pembayaran, dan alamat dapat disimpan – memungkinkan pembelian yang cepat, cepat, dan mudah di masa mendatang.

3. Powerfulnya Rekomendasi

Amazon memelopori fitur produk yang direkomendasikan. Setiap kali pengguna masuk ke akun mereka, Amazon akan merekomendasikan produk yang mungkin mereka minati berdasarkan kebiasaan pembelian sebelumnya. Baru-baru ini, Amazon memperkenalkan fitur ‘pelanggan yang membeli barang ini juga membeli’. Rekomendasi ini sempurna untuk meningkatkan penjualan tanpa pelanggan merasa tertekan untuk membeli.

4. Menciptakan Momentum Dorongan Pelanggan

Proses pengembalian Amazon ditangani sepenuhnya secara online melalui akun pelanggan. Jika ada masalah yang mengharuskan pelanggan untuk berbicara dengan asisten layanan pelanggan melalui telepon, mereka akan memiliki akses ke akun pelanggan dan detail pesanan, yang berarti bahwa masalah apa pun dapat ditangani dengan cepat dan efisien.

5. Pasar Kindle Yang Seru

Dari penyimpanan hingga akun pribadi, pembayaran, dan rekomendasi, tanpa CRM, produk dan pengalaman Kindle tidak akan sama.

Cara-cara strategis sangat terbukti bagaimana Amazon mendorong aset kekayaan Jeff Bezos melampaui Warner Buffet dan Bill Gates. Dan Amazon ini berhasil mewujudkan impian Bezos untuk menciptakan teknologi yang bisa ke luar angkasa.

CRM melalui strategi dan teknologi terbukti berhasil membantu Amazon melampaui semua ekspektasi dari semua stake holder. Begitu perusahaan dari klien-klien Segoro. Oleh karena itu Segoro hadir menciptakan terobosan-terobosan baru IT Solution Management dalam transformasi digitalisasi bisnis untuk mewujudkan masa depan perusahaan Anda.

5 Cara Terampuh Strategis CRM Amazon

Strategi CRM Amazon bisa kita pelajari supaya bisnis makin bertumbuh eksponensial. Call di 0881-5028-407, untuk detail platform CRM Software

5 Cara Terampuh Strategis CRM Amazon
Strategi CRM Amazon bisa kita pelajari supaya bisnis makin bertumbuh eksponensial. Call di 0881-5028-407, untuk detail platform CRM Software

Apa Sih Yang Di Maksud Dengan CRM

1. Penjelasan Simpelnya Apa Itu CRM?
2. Cocoknya Siapa Pengguna CRM?
3. Apa Sih Pentingnya CRM Buat Bisnis Kamu?
4. Bisnis Tanpa CRM Apa Dampak Ongkos Operasionalnya?
5. Apa Yang Bisa Di Dapat Lewat CRM?
6. Bagaimana CRM Bisa Membantu dan Berdampak Pada Bisnis Kamu?
7. Memproyeksikkan Kondisi Masa Depan Lewat CRM, Bagaimana Itu Bisa Terjadi?
8. Perpanduan CRM dan Proses Bisnis Yang Berdampak Eksponensial Aset Bisnis, Apaan Itu?

%

Efisiensi waktu dalam koneksi dan pemecahan masalah (troubleshooting)

%

Peningkatan operasional dan manajemen infrastruktur

%

Berhasil mengurangi biaya operasional secara menyeluruh

%

Penggunaan Teknologi Baru yang Mudah dan Aplikatif

Semuanya itu kuncinya pada keefektifitasan dan keefisiensian dari proses bisnis yang konservatif bertransformasi penggunaan digitalisasi IoT.

Bahkan diantaranya setelah infrastruktur automatisasi berhasil dibangun, pencapaiannya bisa mencapai 300% tiap tahunnya.

GENERATING NEW IDEAS. SOLVING BIG PROBLEMS

Tim Segoro Sangat Bersyukur Telah Membersamai Beberapa Perusahaan

Tentang Kami

PT Segoro Berkah Indonesia (SEGORO) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. SEGORO memiliki tim yang dinamis, profesional dan terbuka terhadap tantangan yang diberikan.

Sistem Digital Management Armada Kapal untuk mengelola berbagai bidang pekerjaan perusahaan pengelola kapal.

Hubungi Tim Kami Dan Mari Kita Adakan Janji Say Hello!

Kita atur jadwal pertemuan atau brief, cukup isi form appointment dibawah ini
//
PT. Segoro Berkah Indonesia

PT Segoro Berkah Indonesia

Grand Slipi Tower, Lantai 42 Unit EFGH
Jl. S. Parman Kavling 22-24
Palmerah – Jakarta Barat 11480

PT. Segoro Berkah Indonesia

segoro.co.id

PT. Segoro Berkah Indonesia

Email: sales@segoro.co.id

PT. Segoro Berkah Indonesia

+62 81 287 348 590